Cara Scan Dokumen Pakai Hp Android

Cara Scan Dokumen Pakai Hp Android - Andaroid tidak hanya digunaan untuk berkomunikasi maupun berfoto saja. saat ini Hp android dapat digunakan untuk memindai dokumen. Sehingga, pengguna android tidak perlu repot-repot datang ke fotocopy utuk memindai dokumen. Berikut ini cara scan dokumen pakai Hp android dengan mudah dan cepat:

Scan aplikasi CamScanner

CamScanner menawarkan fitur-fitur yang sangat membantu pemindaian dokumen dalam bentuk pdf maupun jpg dan sangat efisien. Tidak membutuhkan waktu lama untuk menggunakanya. Berikut langkah-langkah memnindai dokumen di aplikasi CamScanner: 

Install aplikasi CamScanner di playstore 

Buka Aplikasi CamScanner, selanjutnya daftar dan log in, atau bisa langsung menggunakan aplikasi CamScanner tanpa log in terlebih dahulu. Klik mulai. 

Setelah itu klik lambang kamera dipojok kanan bawah, selanjutnya foto dokumen yang ingin discan tersebut. apabila sudah ada fotonya dalam file, bisa langsung dengan klik impor dan pilih foto yang akan discan.

Selanjutnya pilih next, foto akan otomatis memotong bagian foto dokumen yang tidak penting dan mengubah foto dokumen menjadi hasil scan. Selain itu, pengguna dapat mengatur warna yang tersedia dimenu tersebut. 

 Scan Menggunakan Google Drive

Selain menggunakan aplikasi scan, bagi pengguna android juga bisa menggunakan google drive. Jarang pengguna ketahui tentang kegunaan google drive untuk memindai dokumen, karena hanya mengetahui kegunaan google drive untuk menyimpan dokumen. berikut ini adalah cara memindai dokumen dengan menggunakan google drive:

Buka aplikasi google drive

Klik tanda add (tanda plus)

Pilih opsi pindai, lalu ambil foto dokumen yang akan discan dan klik tanda silang

Lalu pengguna dapat merubah warna, memotong foto ataupun merubah arah foto dokumen tersebut, setelah selesai klik simpan

Pengguna juga dapat memilih dengan merubah nama file scan atau tidak. lalu klik simpan.

Scan Menggunakan Iphone

Sebelum menggunakannya pastukan iPhone pengguna telah didiperbarui ke iOS 11. Rilisnya iOS 11 juga menambhakan fitur pemindaian baru ke Notes. Dibawah ini adalah langkah-langkah memindai dokumen ke iPhone menggunakan pemindaian pada Notes:

Buka Aplikasi Notes

Lalu klik ikon kotak dengan pensil yang didalamnya untuk membuat catatan baru.

Selanjutnya klik lingkaran tanda + didalamnya

Maka menu akan muncul diatas keyboard, lalu klik lagi lingkaran dengan tanda + didalamnya.

Selanjutnya klik scan document

Lalu foto dokumen  yang akan dipindai, notes secara otomatis fokus dan mengambil foto dokumen dan pengguna dapat secara manual dengan mengklik tombol  sendir.

Apabila  ingin mengoreksi  seperti memotong gambar atau memutar gambar cukup klik halaman gambar yang ingin dikoreksi, dan pilih opsi pengeditan yang ditampilkan.

Setelah selesai klik selesai/done pada sudut kiri atas untuk menyimpan pemindaian. 

Ketika siap untuk pemindaian sebagai pdf, ketuk ikon upload/unggah. Kemudian dapat memilih untuk membuat pdf dan menyalin ke progam lain dan sebagainya.

Klik buat pdf, lalu pdf dari dokumen yang dipindai akan terbuka di notes. Klik done.

Itulah beberapa cara scan dokumen pakai Hp Android yang dapat dilakukan sendiri di manapun. Semoga tulisan di atas dapat membantu pembaca yang membutuhkan scanner yang lebih cepat dan efisien. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama